Mengatasi Anak Yang Suka Bolos Sekolah

Sekali mengidentifikasi alasan anak sampai bolos sekolah, maka orangtua dan anak harus duduk semeja untuk mendiskusikan perilaku ini. Konseling adalah cara terbaik untuk mengajar seorang anak yang sedang tumuh tentang konsekuensi dari setiap tindakan yang telah dilakukannya.
Memaksa anak untuk melakukan sesuatu atau memberikan anak tenggat waktu untuk memperbaiki diri sendir, terkadang tidak membuahkan hasil yang diinginkan. Yang terbaik adalah selalu memastikan orangtua telah menunjukkan anak arah yang benar, sehingga anak pun dapat membuat pilihannya sendiri.
Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam menangani anak yang suka bolos sekolah :
1. Setelah mengetahui alasan mengapa anak bolos sekolah, maka segera lakukan tindakan yang diperlukan. Jika penyebabnya adalah bullying, maka orangtua harus segera berbicara dengan otoritas sekolah. Jika anak bolos sekolah untuk menghabiskan lebih banyak waktu dalam kegiatan lain, maka orangtua harus memberi dukungan atas minatnya tersebut. Tetapi orangtua pun harus memberi tahu anak bahwa anak tidak dapat melakukan hal itu dengan mengorbankan pendidikan formalnya. Orangtua mengajari anak cara menyeimbangkan kegiatan ektrakurikulernya di dalam dan di luar sekolah.
2. Jika anak bolos sekolah karena memiliki masalah dengan suatu mata pelajaran tertentu, orangtua harus membantu anak keluar dari kesulitan tersebut. Jika orangtua tidak dapat melakukannya sendiri, maka orangtua dapat menemukan orang yang tepat untuk membantu dalam hal ini.
3. Masalah orangtua boleh jadi sedikit lebih rumit jika ternyata anak bolos sekolah semata untuk hangout dengan rekan-rekannya. Pada kasus seperti ini, orangtua harus menginformasikan pada anak tentang jahatnya efek negatif dari tekanan kawan sebaya dan betapa pentingnya pendidikan formal. Kalau perlu mengundang orangtua dari kawan anak dan bersama-sama mendiskusikan perkembangan perilaku anak disekolah.
4. Menunjukkan kepada anak dengan contoh bagaimana akibat dari mengabaikan studi dapat membuat anak gagal di masa depannya. Orangtua harus mencari tahu apa yang dilakukan anak saat bolos sekolah.
5. Setelah orangtua mengambil langkah-langkah tersebut, orangtua harus menindaklanjuti dengan mengecek kehadiran anak disekolahnya secara teratur. Tindakan seperti ini berfungsi sebagai penghalang untuk bolos sekolah dan akan mendorong anak untuk tetap fokus dan bekerja lebih keras di sekolahnya

Topik yang berhubungan:

cara mengatasi siswa bolos sekolah, cara mengatasi bolos sekolah, cara mengatasi anak bolos sekolah, cara mengatasi siswa bolos, cara mengatasi anak yang suka bolos sekolah, cara mengatasi anak yang sering bolos sekolah, Solusi bolos sekolah, Cara mengatasi siswa yang bolos, Cara mengatasi siswa yang suka bolos, Cara mengatasi anak yang sering bolos

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>