Mengajarkan Keteraturan Pada Anak Usia Dini

Salah satu faktor utama untuk kesuksesan atau kegagalan anak disekolahnya adalah Keteraturan. Namun, manfaat keteraturan bukan hanya berhubungan dengan prestasi belajar, namun seluruh aspek kehidupan anak sampai anak menjadi dewasa. Menjaga lingkungan yang terorganisir akan membantu meningkatkan dan mempertahankan kemampuan organisasional anak.

Sebagai orangtua dapat memulainya dengan beberapa tahap sederhana, seperti meletakkan benda pada tempatnya, sehingga jika diperlukan tidak perlu terlalu lama mencari. Terutama benda yang paling sering dipakai anak pada saat berangkat kesekolah atau akan belajar.

Bagi ana yang lebih besar, mereka cenderung untuk mau mengatur rutinitasnya sendiri dengan cara yang paling bermanfaat menurut mereka. Diumur seperti ini mereka mulai memiliki kepribadian sendiri dalam melakukan aktifitas mereka sehari-hari.

Berikut beberapa poin penting yang dapat dilakukan orangtua, yaitu antara lain :

1. Menyediakan kotak-kotak untuk meletakkan benda yang sering dipergunaka anak sehari-hari.

2. Memberi label pada setiap kotak sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.

3. Menciptakan suasana (atmosfir) yang well-organizer dalam rutinitas kehidupan anak-anak

4. Menanamkan kebiasaan untuk meletakkan kembali setiap benda yang telah dipake tempatnya masing-masing.

5. Orangtua menyediakan hadiah apabila si anak berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. Hadiah ini dapat dijadikan sebagai pendorong semangat pada anak.

6. Bagi anak yang lebih besar, mereka diberikan kesempatan untuk mengatur ruang, benda-benda sesuai dengan keinginan mereka sendiri

7. Berdiskusi dengan anak untuk mengambil langkah yang terbaik dalam mengatur, menata dan melaksanakan tugas-tugasnya.

Dan ketika anak yang lebih besar ini sudah merasa nyaman di lingkungannya, maka langkah-langkah untuk menciptakan sebuah keteraturan akan lebih mudah.

Topik yang berhubungan:

kartun anak sekolah, kartun KELUARGA, kartun anak belajar, anak sekolah kartun, gambar kartun anak sekolah, gambar karikatur anak sekolah, keluarga kartun, kartun orang tua dan anak, manfaat keteraturan bagi siswa, GAMBAR KELUARGA KARTUN

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>