Mari Mengenal Sifat & Kecerdasan Anak

Seorang Psikolog dan pakar ilmu syaraf dari Universitas Harvard menemukan sebuat teori tentang kecerdasan. Teori tersebut mengatakan bahwa manusia lebih rumit daripada apa yang dijelaskan dari test IQ atau test apapun itu serta manusia mempunyai kecerdasan yang berbeda juga.
Berikut ini bermacam-macam tipe Kecerdasan Anak.
1. Kecerdasan Linguistik-Verbal. Pernahkah anda terpesona ketika melihat seorang anak berpidato atau menjelaskan sesuatu? Ini merupakan kelebihan anak yang memiliki keerdasan Linguistik-Verbal. Anak tersebut sangan pandak bermain kata-kata. Anak dengan kecerdasan ini sangat cakap dalam berbahasa, menceritakan kisah, berdebat, berdiskusi, melakukan penafsiran dan berbagai aktifitas lain yang terkait dengan berbicara dan menulis.
2. Kecerdasa Logika-Matematika. Kecerdasan ini ditandai dengan kemampuan anak untuk berinteraksi dengan angka-angka dan bilangan, berpikir logis dan ilmiah, adanya konsistensi dalam pemikiran. Anak yang cerdas secara logika-matematika seringkali tertarik dengan pola dan bilangan. Kecerdasan ini amat penting karena akan membantu mngembangkan keterampilan berpikir dan logika anak.
3. Kecerdasan Visual-Spasial. Kecerdasan ini ditunjukkan dengan kemampuan anak untuk melihat secara rinci gambaran visual yang terdapat disekitarnya.
4. Kecerdasan Ritmik Musikal. Para ahli mengatakan bahwa musik adalah jendela hati dan merupakan bahasa universal. Kecerdasan ritmik musikal adalah kemampuan anak untuk menyimpan nada dalam benaknya, untuk mengingat irama dan secara emosional terpengaruh oleh musik. Dengan musik pun dapat membantu anak untuk mengingat suatu gerakan tertentu.
5. Kecerdasan Kinestetik. Kecerdasan ini ditunjukkan oleh kemampuan anak untuk membangun hubungan antara pikiran dan tubuh, Kecerdasan ini sangat penting karena bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik anak dan meningkatkan kemampuan sosial dan sportivitas serta membangun rasa pecaya diri pada anak dan meningkatkan kesehatan anak.
6. Kecerdasan Interpersonal. Kecerdasan ini terkait dengan kemampuan anak untuk berinteraksi dengan oranglain. Pada saat anak berinteraksi dengan oranglain, anak harus dapat memperkirakan perasaan, tempramen, suasana hati, maksud dan keinginan teman interaksinya kemudian memberikan respon yang layak.
7. Kecerdasan Interpersonal. Kecerdasan ini diperlihatkan dalam bentuk kemampuan dalam membangun persepsi yang akurat tentang diri sendiri dan menggunakan kemampuan tersebut dalam membuat suatu rencana.
8. Kecerdasan Naturalis. Keahlian mengenali dan mengkategorikan spesis-flora dan fauna di lingkungannya.

Ref : Gardner, Frames of Mind : The Theory of Multiple Intelligences. NY : Basic Books, 1993

Topik yang berhubungan:

buku mengenal sifat dan kemampuan anak, macam-macam kecerdasan anak, macam macam sifat anak, macam-macam sifat anak, Mengenal kecerdasan anak, mengenal sifat dan kemampuan anak, macam macam kecerdasan anak, sifat kecerdasan, macam sifat anak, mengenal sipat sipat anak dan kemampuan

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>