Bekal Kemandirian Anak

Alangkah baiknya jika sedini mungkin kita membekali anak dengan keterampilan dasar. Tidak hanya bagi anak perempuan, tetapi juga anak laki-laki. Jangan menunda-nunda memberikan bekal kemandirian untuk anak. Bagaimana caranya? Anda harus berani untuk tidak terlalu memanjakan anak. Biarkan dan biasakan anak terlibat dalam aktivitas sehari-hari dirumah.
1. Merapikan tempat tidur. Setiap bangun tidur, ajaklah anak menata tempat tidur. Untuk tahap awal, biarkan anak melihat dulu, Selanjutnya Anda bisa meminta anak untuk turut membantu. Lama kelamaan anak akan terbiasa dengan kegiatan ini. Apabila anak Anda kritis, merapikan tempat tidur dapat dilakukan setelah mandi, disesuaikan dengan urutan lagu “bangun tidur”
Dalam melakukan aktifitas ini, mintalah anak menempatkan bantal, guling dan selimut pada posisi yang tepat. Ini semua menggiring anak menjadi orang yang pandai menata langkah dengan tepat dalam pencapaian keberhasilan.
2. Melibatkan Anak di Dapur. Untuk tahap awal, ajaklah anak menemani Anda mempersiapkan bahan dan peralatan memasak. Pengenalan dilakukan secara bertahap, sedikit demi sedikit. Diharapkan anak dapat mengetahui fungsi bahan dan peralatan tersebut. Nantinya anak akan dapat memakainya dengan tepat. Pada tahap awal, biarkan anak melakukannya sambil bermain agar tidak merasa bosan. Lama kelamaan anak akan terbiasa menemani Anda. Hal terpenting, wawasan anak akan terbiasa dapur akan semakin kaya.
3. Mencuci. Ajari anak cara mencuci gelas, piring dan peralatan makan lainnya. Pada tahap awal, mintalah anak mencuci barang yang bukan terbuat dari kaca. Selanjutnya ajari anak mencuci barang yang terbuat dari kaca. Diharapkan anak dapat melakukannya dengan hati-hati, tidak ceroboh, sehingga tidak memecahkan barang cuciannya. Pada kegiatan ini anak juga dilatih mengurusi barang pribadinya. Memanglah penting mengajari anak sedini mungkin. Jangan tunda lagi, karena semakin terlambat, Anda akan menjadi kerepotan dan anak menjadi tidak mandiri. Anak yang tidak ceroboh akan selalu berhati-hati dalam beraktivitas dan berkreasi menuju pencapaian cita-cita. Anak yang pintar merawat barangnya akan berusaha juga merawat apa yang telah diraih untuk melangkah menuju kesuksesan berikutnya.
4. Membersihkan Lantai. Menyapu lantai paling mudah dan aman dilakukan anak. Akan tetapi banyak orangtua yang mengenyampingkannya, bahkan tidak pernah memberikan contoh karena sudah merasa mendelegasikan pada pembantu. Kalau Anda sibuk, tidak apa-apa minta tolong pembantu untuk mengajari anak. Biarkan anak terlibat kegiatan ini sedari kecil. Dengan membiasakan diri membersihkan kotoran dilantai, juga diharapkan kelak anak terbiasa membersihkan hati dan pikiran dari hal-hal yang merugikan dan menyesatkan yang menghalangi pencapaian impiannya.
5. Merapikan Meja Belajar. Jangan biarkan anak meninggalkan buku-bukunya berserakan seusai dia belajar atau mengerjakan tugas rumah. Ini akan membuat anak menjadi pribadi yang “awut-awutan”. Untuk itu, biasakan anak membereskan meja belajar. Ajari dan minta anak menata buku dengan rapi. Bantu anak mengelompokkan buku-bukunya agar mudah untuk mencarinya. Diharapkan anak akan terbiasa mandiri mengurusi area aktivitasnya. Kebiasaan ini juga akan membuatnya menjadi pribadi yang tertib dan teradtur. Kelak dia akan semakin mantap dan disiplin menata langkahnya dalam menggapai cita-cita

Topik yang berhubungan:

Ajari anak merapikan tempat tidur, Urutan membersihkan tempat tidur, trik mengajari anak membereskan barang barang pribadinya, tidak hati-hati pada anak sd, tahap membereskan tempat tidur bagi anak, pendidikan kemandirian anak laki laki, macam-macam kemandirian aman dan tidak aman pada anak sd, macam-macam aktifitas mandiri anak, macam - macam kemandirian anak dalam beraktivitas, ketrampilan untuk kemandirian siswa sd

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>