Bagaimana Melatih Kesabaran Pada Anak?

Kesabaran adalah suatu kebajikan. Tapi kesabaran adalah konsep yang biasanya tidak langsung dialami atau dikenal anak, keuali orangtua sendiri yang mengajarkan kepada mereka.
Kesabaran bukan hanya kualitas yang hebat untuk anak pada saat ini, bahkan akan terus membantu anak sukses dalam kehidupan setelah dewasa. Kesabaran akan merujuk pada pengendalian diri, pemahaman tentang bagaimana segala sesuatu bekerja dan membantu anak untuk mempertahankan dan mengatasi beragam tantangan dalam kehidupan, sekaligus akan membangu pengembangan hubungan sosial anak.
Berikut ini langkah yang harus dilakukan sesuai dengan usia anak
Usia Prasekolah :

1. Mencontohkan kesabaran dalam aktivitas orangtua sehari-hari.
2. Memberi pujian setiap kali anak berhasil berlaku sabar.
3. Tetap bersabar dalam mengajarkan kesabaran pada anak. Karena kesabaran itu mensyaratkan kesabaran pula.

Usia TK – Kelas 3 SD :
1. Membangun sesuatu yang memerlukan waktu untuk menyelesaikannya
2. Berbincang dengan anak tentang event-event yang menarik yang akan terjadi, dan berapa lama orangtua harus menunggu hingga tibanya hari H dari event tersebut.

Usia kelas 4-6 SD :
1. Mengizinkan anak untuk turut terlibat secara interaktif dalam sebuah pengambilan keputusan.
2. Menerima pendapat ataupun keinginan anak sebagai bagian dari upaya menjadikan anak seorang individu juga.

Topik yang berhubungan:

melatih kesabaran pada anak, melatih kesabaran anak, melatih kesabaran terhadap anak, membentuk kesabaran pada anak usia sd, melatih kesabaran anak di dlm kelas tk, melatih sabar pada anak, Melatih sabar pada bayi, membangun sabar pada anak, mendidik anak untuk melatih sabar, mendidik anak yg suka membantah dengan sabar

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>